Model Pembelajaran Numbered Head Togethert (NHT) - MATERI PENDIDIKAN

Blog berisikan tentang materi pendidikan baik secara umum maupun khusus

Breaking

ADS 1

.

Adsense

Saturday 11 November 2017

Model Pembelajaran Numbered Head Togethert (NHT)


Materi Pendidikan - Model Pembelajaran Numbered Head Togethert (NHT)
Pengertian model Pembelajaran Numbered Head Togethert (NHT)
Menurut Huda (2014:203) “Numbered Head Togethert (NHT) merupakan varian dari diskusi kelompok, Menurut Slavin (1995), metode yang dikembangkan oleh Russ Fank ini cocok untuk memastikan akuntabilitas individu dalam diskusi kelompok”. Tujuan dari NHT adalah memberi kesempatan kepada siswa untuk saling berbagi gagasan dan mempertibangkan jawaban yang paling tepat. Selain untuk meningkatkan kerja sama siswa, NHT juga bisa diterapkan untuk semua mata pelajaran dan tingkatan kelas.
Numbered Head Togethert (NHT) merupakan suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas kelompoknya, sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dan siswa yang lain dalam satu kelompok untuk saling memberi dan menerima antara satu dengan yang lainnya.  
Langkah-langkah model pembelajaran Numbered Head Togethert (NHT) menurut Shoimin (2014:108) sebagai berikut :
  • Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor. 
  • Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya. 
  • Kolompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok mengerjakannya/mengetahui jawabannya dengan baik 
  • Guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil keluar dari kolompoknya melaporkan atau menjelaskan hasil kerja sama mereka 
  • Tanggapan dengan teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain 
  • kesimpulan
Kelebihan Model Pembelajaran Numbered Head Togethert (NHT)
Banyak sekali kelebihan dari model pembelajaran Kooperatif  Tipe NHT ini, menurut Sohimin (2014:108) kelebihan model pembelajaran kooperatif tipe NHT diantaranya:
  • Setiap murid menjadi siap. 
  • Dapat melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh. 
  • Murid yang pandai dapat mengajari murid yang kurang pandai. 
  • Terjadi interaksi secara intens antarsiswa dalam menjawab soal. 
  • Tidak ada murid yang mendominasi dalam kelompok karena ada nomor yang membatasi.
Kelemahan Model Pembelajaran Numbered Head Togethert (NHT) menurut Sohimin (2014:109) yaitu:
  • Tidak terlalu cocok diterapkan dalam jumlah siswa banyak karena membutuhkan waktu yang lama. 
  • Tidak semua anggota kolompok dipanggil oleh guru karena kemungkinan waktu yang terbatas.

No comments:

Post a Comment

Pages