Uji Validitas Soal Dan Cara Pengerjaan Menggunakan Microsoft Excel - MATERI PENDIDIKAN

Blog berisikan tentang materi pendidikan baik secara umum maupun khusus

Breaking

ADS 1

.

Adsense

Wednesday 6 December 2017

Uji Validitas Soal Dan Cara Pengerjaan Menggunakan Microsoft Excel

Uji Validitas Butir Soal
Materi Pendidikan - Menurut Suharsimi (2013:88) “Validitas adalah proses pengukuran yang menunjukan tingkat kevalidan (ketepatan) suatu soal”.Pengujian validitas dapat dilakukan dengan membandingkan antara isi instrumen dengan materi pelajaran yang telah diajarkan. Jenis validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas butir soal.
1. Validitas Isi
Menurut Suharsimi( 2013:89) “Validitas isi ini berkaitan dengan materi yang akan diukur dalam tes, dan mencerminkan sejauh mana butir-butir dalam tes yang akan di ukur dengan materi yang disajikan”.Penyusunan soal tes pada penelitian ini disesuaikan dengan mata pelajaran yang di uji cobakan.
2. Validitas Butir Soal
Menurut Sugiyono (2010:187) “Validitas butir soal digunakan analisis item, yaitu mengkorelasikan skor tiap butir soal dan skor total soal”. Sedangkan menurut Sudijono (2011:182) “Validitas butir soal dari suatu tes adalah ketepatan mengukur yang dimiliki oleh sebutir item, dalam mengukur apa yang seharusnya diukur lewat butir soal tersebut”.Proses pengujiannya dengan mengkorelasikan skor tes yang didapat siswa pada butir soal dengan total yang didapat. Semakin tinggi indeks korelasi yang didapat berarti semakin tinggi keasihan tes tersebut.Rumus yang digunakan untuk menghitung korelasi product moment dengan angka kasar.
Keterangan:
rxy   = Koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y
N     = Banyaknya data atau sampel
X     = Skor item soal
Y     = Skor total item
Setelah dilakukan validitas, selanjutnya akan diinterpretasikan tingkat validitasnya, menurut Arikunto (2012:89) koefisien korelasi dikategorikan dengan kriteria ditunjukkan pada Tabel 1.
Untuk contoh pengerjaannya menggunakan aplikasi microsoft excel dan dapat di download pada tombol “DOWNLOAD” di bawah ini.

No comments:

Post a Comment

Pages