Materi Pendidikan - Model Pembelajaran Numbered Head Togethert (NHT) |
Pengertian model Pembelajaran Numbered Head Togethert (NHT)
Menurut Huda (2014:203) “Numbered Head Togethert (NHT) merupakan varian dari diskusi
kelompok, Menurut Slavin (1995), metode yang dikembangkan oleh Russ Fank ini
cocok untuk memastikan akuntabilitas individu dalam diskusi kelompok”. Tujuan
dari NHT adalah memberi kesempatan kepada siswa untuk saling berbagi gagasan
dan mempertibangkan jawaban yang paling tepat. Selain untuk meningkatkan kerja
sama siswa, NHT juga bisa diterapkan untuk semua mata pelajaran dan tingkatan
kelas.
Numbered Head Togethert (NHT) merupakan suatu
model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung
jawab atas kelompoknya, sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dan
siswa yang lain dalam satu kelompok untuk saling memberi dan menerima antara
satu dengan yang lainnya.
Langkah-langkah model pembelajaran Numbered Head Togethert (NHT) menurut Shoimin (2014:108) sebagai berikut :
- Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
- Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
- Kolompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok mengerjakannya/mengetahui jawabannya dengan baik
- Guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil keluar dari kolompoknya melaporkan atau menjelaskan hasil kerja sama mereka
- Tanggapan dengan teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
- kesimpulan
Kelebihan
Model Pembelajaran Numbered Head
Togethert (NHT)
Banyak sekali kelebihan dari model pembelajaran
Kooperatif Tipe NHT ini, menurut Sohimin
(2014:108) kelebihan model pembelajaran kooperatif tipe NHT diantaranya:
- Setiap murid menjadi siap.
- Dapat melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh.
- Murid yang pandai dapat mengajari murid yang kurang pandai.
- Terjadi interaksi secara intens antarsiswa dalam menjawab soal.
- Tidak ada murid yang mendominasi dalam kelompok karena ada nomor yang membatasi.
Kelemahan
Model Pembelajaran Numbered Head
Togethert (NHT) menurut Sohimin (2014:109)
yaitu:
- Tidak terlalu cocok diterapkan dalam jumlah siswa banyak karena membutuhkan waktu yang lama.
- Tidak semua anggota kolompok dipanggil oleh guru karena kemungkinan waktu yang terbatas.
No comments:
Post a Comment