Picture and Picture |
1.
Pengertian Picture and Picture
Model pembelajaran picture and picture merupakan strategi pembelajaran yang
menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Hamdani (2011:89) menjelaskan picture and picture adalah suatu metode
yang menggunakan gambar yang di pasangkan atau diurutkan menjadi urutan yang
logis. Dimana gambar yang diberikan pada siswa harus pasangan atau urutan
secara logis. Pembelajaran ini memiliki ciri aktif, inovatif, kreatif, dan
meyenangkan. Gambar-gambar inilah yang menjadi utama proses pembelajaran
berlangsung, guru sudah menyiapkan gambar yang akan di sampaikan baik dalam
bentuk kartu maupun dalam tampilan carta ukuran besar. Gambar-gambar tersebut
juga bisa ditampilkan melalui laptop.
Model pembelajaran picture and picture merupakan sebuah model dimana guru menggunakan
alat bantu atau media gambar untuk menerangan sebuah materi atau memfasilitasi
siswa untuk aktif belajar. Dengan menggunakan alat bantu atau media gambar,
diharapkan siswa mampu mengikuti pelejaran dengan fokus yang baik dan dalam
kondisi yang menyenangkan. Sehingga apapun pesanan yang disampaikan bisa
diterima dengan baik dan mampu meresap dalam hati, serta dapat diingat kembali
oleh siswa.
2.
Langkah-langkah
Pembalajaran Picture and Picture
Langkah-langkah penerapan model pembelajaran Picture and Picture ini menurut Huda
(2014:236-238) sebagai berikut:
a. Penyampaian
Kompetensi
Pada tahap ini, guru diharapkan menyampaikan
kompetensi dasar mata pelajaran yang
bersangkutan. Dengan demikian,
siswa dapat mengukur sampai sejauh mana kompetensi yang harus mereka
kuasai. Di samping itu, guru juga harus menyampaikan indikator-indikator
ketercapaian kompetensi tersebut untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa
dalam mencapainya.
b. Persentasi Materi
Pada tahap penyajian materi, guru telah
menciptakan momentum awal pembelajaran. Keberhasilan proses pembelajaran dapat
dimulai dari sini. Pada tahap inilah, guru harus berhasil memberi motivasi pada
beberapa siswa yang kemungkinan masih belum siap.
c. Penyajian Gambar
Pada tahap ini, guru menyajikan gambar dan
mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran dengan mengamati
setiap gambar yang ditunjukkan. Dengan gambar, pengejaran akan hemat energi,
dan siswa juga akan lebih mudah memahami
materi yang diajarkan. Dalam perkembangan selanjutnya, guru dapat mendemonstrasi
kegiatan tertentu.
d. Pemasangan Gambar
Pada tahap ini, guru menunjukan atau memanggil
siswa secara bergantian untuk memasang gambar-gambar secara berurutan dan
logis. Guru melakukan inovasi, karena penunjukan secara langsung kadang kurang
efektif sebab siswa cenderung merasa tertekan. Salah satu caranya adalah dengan
menggunakan undian, sehingga siswa merasa memang harus benar-benar siap untuk
menjelankan tugas yang diberikan.
e. Penjajakan
Tahap ini mengharuskan guru untuk menanyakan
kepada siswa tentang alasan atau dasar pemikiran di balik urutan gambar yang
disusunnya. Setelah itu, siswa bisa diajak untuk menentukan rumus, tinggi,
jalan cerita, atau tuntutan kompetensi dasar berdasarkan indikator-indikator
yang ingin dicapai. Guru juga bisa mengajak sebanyak mungkin siswa untuk
membantu sehingga proses diskusi menjadi semakin menarik.
f. Penyajian
Kompetensi
Berdasarkan komentar atau penjelasan atas
urutan gambar-gambar, guru bisa mulai menjelaskan lebih lanjut sesuai dengan
kompetensi yang ingin dicapai. Selama proses ini, guru harus memberi penekanan
pada ketercapaian kompetensi tersebut. Disini, guru bisa mengulangi,
menuliskan, atau menjelaskan gambar-gambar tersebut agar siswa mengetahui bahwa
sarana tersebut penting dalam pencapaian kompetensi dasar dan
indikator-indikator yang telah ditetapkan.
g.
Penutup
Di akhir pembelajaran, guru dan siswa saling
berefleksi mengenai apa yang telah dicapai dan dilakukan. Hal ini dimaksudkan
untuk memperkuat materi dan kompetensi dalam ingatan siswa.
3. Keunggulan dan
Kelemahan Picture and Picture
Setiap model pembelajaran pasti memiliki
kelebihan dan kekurangan masing-masing begitu pula dengan model pembelajaran picture and picture. Berikut ini adalah
kelebihan dan kelemahan model pembelajaran picture
and picture antara lain:
Kelebihan
picture and picture.
a. Guru lebih
mengetahui kemampuan masing-masing siswa.
b. Siswa lebih cepat
memahami materi ajar karena guru menunjukan gambar-gambar mengenai materi yang
dipelajari.
c. Siswa dilatih
berpikir logis dan sistematis.
d.
Siswa dibantu
belajar berpikir berdasarkan sudut pandang suatu subjek bahasan dengan
memberikan kebebasan siswa dalam praktik berpikir
e. Motivasi siswa
untuk belajar semakin dikembangkan.
f. Dapat
meningkatkan tanggung jawab siswa, sebab guru menanyakan alasan siswa
mengurutkan gambar.
Kelemahan picture
and picture.
a. Sulit menemukan
gambar-gambar yang bagus dan berkualitas serta sesuai dengan materi pembelajaran.
b. Sulit menemukan
gambar-gambar yang sesuai dengan daya nalar atau kompoten yang dimiliki siswa.
c. Baik guru maupun
siswa kurang terbiasa menggunakan gambar sebagai bahan utama dalam membahas
suatu materi pembelajaran.
4. Cara Mengatasinya
yaitu guru sebagai pendidik harus menyesuaikan gambar yang ditampilkan mudah
dimengerti dan dipahami murid-murid sesuai dengan penyampaian materi dan
praktek pengajaran model pembelajaran Kooperatif Tipe Tipe Picture And Picture
No comments:
Post a Comment